Rabu, 18 September 2013

ANATOMY JANTUNG







ANATOMI JANTUNG
Jantung adalah organ berongga yang memiliki empat ruang, terletak antara kedua paru – paru di bagian tengah rongga toraks.
Posisi jantung terletak antara paru – paru dan antara vertebra torakalis dibelakang dan tulang sternum di depan.
Otot jantung terdiri dari 3 tipe utama yaitu otot atrium, otot ventrikel dan serat otot.
Dinding jantung terdiri dari 3 lapisan yaitu : Endocardium, myocardium dan pericardium. Pericardium terdiri dari 2 lapisan yaitu pericardium viceralis di sisi dalam dan pericardium parietalis. Antara pericardium viceralis dan parietalis terdapat rongga pericardial yang berisi 5 – 30 mL cairan pericardial.
Rongga Jantung. Terdiri dari rongga jantung kanan dan rongga jantung kiri.
Jantung kanan terdiri dari atrium kanan dan ventrikel kanan, jantung kiri terdiri dari atrium kiri dan ventrikel kiri.
Atrium kanan. Bermuara 2 vena cava yaitu vena cava superior dan vena cava inferior serta terdapat orifisium sinus coronary. Antara atrium kanan dan ventrikel kanan dipisahkan oleh interatrial septum dan dihubungkan oleh atrioventrikuler valve ( katup tricuspid).
Di ventrikel kanan terdapat katup semilunari pulmonal yang mencegah darah yang dipompa ke pulmonal kembali ke ventrikel. Di ventrikel kanan tendonae cordae yang mencegah katup tricuspid prolaps ke atrium.
Antara ventrikel kanan dan ventrikel kiri dipisahkan oleh interventrikel septum.
Atrium kiri. Bermuara vena pulmonalis dari paru – paru.
Antara atrium kiri dan ventrikel kiri dihubungkan oleh atrioventrikular valve ( katup mitral/bicuspid ) yang di jaga oleh tendonae cordae untuk mencegah prolaps ke atrium. Di atrium kiri terdapat muara vena pulmonaris.
Di ventrikel kiri terdapat katup semilunari aorta yang menghubungkan ventrikel kiri dengan aorta dan mencegah darah yang dipompakan ke aorta kembali ke ventrikel kiri.
Katup Jantung. Terdapat 4 katup yaitu :
-          Katup semilunar polmonal
-          Katup semilunar aorta
-          Katup atrioventrikular kiri (bicuspid/katup mitral)
-          Katup atrioventrikular kanan (tricuspid)
Aorta. Terdiri dari aorta acending, arcus aorta dan aorta decending. Pada aorta terdapat percabangan pembuluh darah pertama yaitu arteri coronary yang memperdarahi jantung.
Arteri coronary terdiri dari arteri coronary kiri memperdarahi jantung bagian anterior dan arteri coronary kanan yang memperdarahi jantung bagian posterior.
Semoga bermanfaat.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar