Minggu, 15 September 2013

Sistem Pembekuan Darah Oleh Trombosit



Hai teman2...
Jumpa dengan saya Zaenal Ahsanudin...

Di sini saya berbagi pengetahuan tentang pembekuan darah....
Apa yang dinamakan darah itu? Darah merupakan suatu jaringan tubuh yang sangat penting bagi kelangsungan hidup kita. Darah terdiri dari beberapa komponen utama yaitu Eritrosit, leukosit, trombosit serta plasma darah.

Dalam eritrosit terdapat hemoglobin yang merupakan pigmen protein yang mengandung senyawa heme. Hemoglobin juga disebut pigmen darah karena mnyebabkan darah berwarna merah.

Sel darah putih berguna dalam kekebalan tubuh, dan ini yang bertindak sebagai benteng pertahanan tubuh terhadap kuman yang masuk kedalam tubuh kita seperti ketika kita terluka.

Apabila pembuluh darah terluka darah akan keluar dari pembuluh darah, peristiwa ini disebut dengan perdarahan. Pada peristiwa perdarahan ini keping darah atau trombosit akan pecah dan mengeluarkan enzim trombokinase atau tromboplastin.

Dengan dibantu ion Ca2+ dan vit K enzim trombokinase dapat mengubah fibrinogen yang terdapat dalam plasma darah menjadi fibrin. bentuk fibrin ini berupa benang - benang halus yang dapat digunakan untuk menyaring sel darah lainnya. Dengan demikian akhirnya luka tersebut akan tertutup.

Demikian penjelasan tentang darah dan pembekuan darah semoga bermanfaat bagi kita semua. Amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar